Laporan kegiatan Opening Ceremony Art Jog, dan Rapat dengan Dispar DIY terkait Bregada Malioboro, yang telah dilaksanakan pada tanggal 7 – 8 Juli 2022, di Daerah Istimewa Yogyakarta. Berikut poin-poin yang kami laporkan:

OPENING CEREMONY ARTJOG (7 Juli 2022)
đź”·Kegiatan ini Dihadiri oleh:
– Gubernur DIY yang diwakili oleh Asisten Sekda DIY Bidang Pengembangan SDM (Bapak Aris Eko Nugroho)
– Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Kemendikbudristek (Bapak Restu Gunawan)
– Direktur ArtJog (Bapak Heri Pemad)
– Kurator ArtJog (Bapak Agung Hujatnika)
– Kepala Dinas Kebudayaan DIY (Ibu Dian Pratiwi)
– Koordinator Strategi Dan Promosi Event Daerah, Kemenparekraf (Bapak Hafiz Agung Rifai)
– Jajaran OPD Pemda DIY
– Seniman-seniman yang terlibat pada ArtJog 2022

đź”·ArtJog merupakan pameran seni kontemporer yang telah berlangsung selama 15 kali. ArtJog mengusung tema besar yaitu Art In Common sejak tahun 2019 dan pada tahun 2022 ini mengangkat subtema “Expanding Awareness” yang bermaksud menempatkan “kesadaran” sebagai muara kesenian yang dipraktikkan sebagai instrumen.

đź”·Sambutan dan Pembukaan
▫️Sambutan Direktur ArtJog (Bapak Heri Pemad):
– 2 tahun terakhir ArtJog menyelenggarakan dalam keterbatasan dan tekanan tetapi tahun 2022 ini, ArtJog kembali hadir dengan karya-karya seniman yang telah terkurasi secara full offline.
– Apresiasi tertinggi kepada para seniman yang telah ikut terlibat dan dukungan para stakeholder baik daerah maupun pusat sehingga Art Jog dapat terselenggara dengan baik.
– Harapannya para seniman dapat terus memupuk semangat untuk terus berkarya sehingga kedepannya pengembangan seni dalam hal ini seni kontemporer dapat terus berkembang ke arah yang lebih baik.

▫️Sambutan Kurator ArtJog (Bapak Agung Hujatmika):
– Art in Common ini merupakan tema besar yang telah dicanangkan ArtJog sejak 2019 dan ada beberapa sub tema yang diambil, yaitu Resilience, Time to Wonder dan Expanding Awareness. Art in Common memiliki maksud, ekspresi kesenian yang merupakan salah satu manifestasi kreativitas yang dapat dipahami dan dinikmasi berbagai lapisan masyarakat.
– Pada tahun 2022 ini, mengangkat sub tema Expanding Awareness yang memiliki makna penumbuhan rasa kesadaran yang dibangun melalui kesenian. Tahun ini ArtJog juga memberikan ruang bagi karya-karya yang mengedepankan konsep inklusivitas, salah satunya dengan melibatkan seniman disabilitas dan karya yang dapat dinikmati para disabilitas.

▫️Sambutan Kepada Dinas Kebudayan DIY (Ibu Dian Pratiwi)
– ArtJog tahun ini yang mendukung nilai kesetaraan dan inklusifitas dengan merangkul seniman dari lintas generasi.
– Apresiasi tertinggi kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penyelenggaraan ArtJog.

▫️Sambutan Gubernur DIY yang diwaliki Asisten Sekda DIY Bidang Pengembangan SDM (Bapak Aris Eka Nugroho):
– Seni tidak terbatas umur dan latar belakang untuk berkarya begitu juga dalam menikmasi karya seni.
– Beliau sangat mendukung penyelenggaraan kegiatan ini yang menyasar bukan hanya keterlibatan seniman-seniman profesional tetapi juga anak-anak dan kaum difabel yang selama ini kurang memiliki ruang dan apresiasi untuk berkarya.
– Semoga kegiatan ini dapat memberi inspirasi kepada orang-orang yang memiliki passion dibidang seni terutama seni kontemporer.

▫️Sambutan dan Pembukaan Perwakilan Seniman Senior, (Dolorosa Sinaga):
– Expanding Awareness bukan hanya sekedar menumbuhkan kesadaran tetapi juga kepedulian.
– Pandemi covid ini membuat kita sadar akan nilai solidaritas terutama para seniman dalam berkarya, membuat para seniman untuk meningkatkan semangat untuk terus berkarya karena beriringan dengan pandemi perkembangan digital juga terus meningkat sehingga tidak ada lagi batasan ruang dan waktu dalam berkarya dan berpromosi.
– Seni harus menjadi garda depan perubahan dan harapan saya semoga seniman indonesia bisa makin bertambah bahkan menyaingi banyaknya anggota TNI.

đź”·Pengumuman Young Artist Award yang merupakan penghargaan bagi para seniman muda dibawah 35 tahun yang karyanya masuk dalam gelaran ArtJog. Ada 12 seniman yang masuk dalam nominasi ini dan telah dipilih 3 orang, yaitu Dzikra Afifah, Rizka Azizah Hayati dan Timoteus Anggawan Kusno

đź”·Tur Galeri dengan para tamu undangan

Kesimpulan dan tindak lanjut:
– Acara berlansung dengan lancar dan kegiatan ini akan dibuka untuk publik mulai dari 8 Juli – 4 September 2022 dengan menampilkan 61 karya seniman individu maupun kelompok dari lintas generasi.
– Dukungan Kemenparekraf berbentuk sponsorship berupa placement pada media sosial (own media & partner), serta media ruang dan adlips. Sebagai langkah “Expanding Awareness” pihak penyelenggara terbuka terhadap kerjasama ArtJog dengan program-program Kemenparekraf yang mengusung inklusivitas.

RAPAT DENGAN DISPAR DIY TERKAIT BREGADA MALIOBORO (8 Juli 2022)
Dihadiri oleh:
– Kepala Bidang Pemasaran Dispar DIY (Bapak Wawan)
– Subkoordinator Seksi Pengelolaan Obyek dan Daya Tarik Wisata Dispar DIY (Ibu Ndari Susanti)
– Subkoordinator Bidang Promosi Event Daerah

đź”·Berikut poin-poin, yaitu:
– Kemenparekraf menyampaikan kondisi refocusing dan perlunya mendorong percepatan penyerapan.
– Launching direncanakan dalam format sederhana, dengan pilihan waktu Kamis Pahing 4 Agustus atau Selasa Wage 16 Agustus.
– Disparprov mengajukan kostum bregada nantinya akan diserahkan ke 7 hotel dan 3 pusat perbelanjaan di sumbu filosofi Malioboro.

Kesimpulan dan tindak lanjut:
– Dispar menyampaikan terima kasih telah mendukung pengembangan atraksi budaya di kawasan Malioboro, dan untuk menyempurnakannya Dispar akan menganggarkan launching/serah terima kostum bregada penjaga. Dispar DIY akan menginfokan kembali terkait tanggal pasti dan teknis pelaksanaan acara.
– Dispar DIY telah memberikan kontak dari 7 hotel dan pusat perberlanjaan kepada Kemenparekaf untuk dapat dilakukan koordinasi terkait fitting baju sebelum pelaksanaan acara.

 

Sambutan Direktur ArtJog, Kurator ArtJog, Kadis Kebudyaan DIY, Asisten Sekda DIY Bidang Pengembangan SDM dan Perwakilan Seniman Senior

 

Pengumuman pemenang Young Artist Award

 

Preview karya-karya di ArtJog 2022

 

Hari kedua: Rapat dengan Dispar DIY terkait Bregada Malioboro


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.