Gorontalo Karnaval Karawo 2022

Gorontalo Karnaval Karawo 2022 yang telah diselenggarakan pada tanggal 6 – 8 Juni 2022 di Grand Palace Convention Center (GPCC), Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Kegiatan ini merupakan salah satu event yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2022 yang dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) serta melibatkan beberapa kota/kabupaten di Provinsi Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

1️⃣ Gorontalo Karnaval Karawo 2022 merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo sejak tahun 2011 dalam rangka melestarikan dan mempromosikan Karawo sebagai seni budaya khas Gorontalo yang telah ada sejak tahun 1600 sebelum masa penjajahan Belanda. Karawo dihasilkan melalui proses penyulaman dari kreativitas dan ketekunan para pengrajin sehingga bernilai sangat tinggi. Seni membuat karawo (makarawo) ini diturunkan dari generasi ke generasi dan telah ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda dan akan diinisiasi menjadi UNESCO Intangible World Heritage. Kegiatan ini mengangkat tema “Karawo Inspiring Sulawesi” yang menampilkan berbagai keragaman sulaman Karawo khas Gorontalo dipadupadankan dengan kain khas daerah se-Sulawesi. Adapun rangkaian acara meliputi Opening Ceremony, Diskusi “Road to UNESCO Karawo Intangible World Heritage”, Lomba Mewarnai Motif Karawo Anak-Anak, Lomba Foto / Konten Video Destinasi Wisata, Talkshow “Karawo Youth Camp”, Lomba Mo Karawo, Bazaar UMKM, Karawo Fashion Show, dan Gorontalo Karnaval Karawo.

2️⃣ Acara ini dihadiri oleh:

1. Ibu Kurleni Ukar, Staf Ahli Menteri Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi, Kemenparekraf RI;
2. Bapak Dr. Ir. Hamka Hendra Noer, M.Si, Penjabat Gubernur Gorontalo;
3. Ibu drg. Gamaria Purnamawati Monoarfa, Sp.KGA, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo;
4. Bapak DR. Drs. Paris R. A. Jusuf, S.Sos.I, M.Si., Ketua DPRD Provinsi Gorontalo;
5. Bapak Dr. Ir. Darda Daraba, M.Si., Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo;
6. Unsur Forkompimda dan Lembaga/Instansi Vertikal se-Provinsi Gorontalo;
7. Bupati dan Walikota di Provinsi Gorontalo;
8. Bapak H. Rifli M. Katili, S.Sos., M.Ec. Dev, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo;
9. Ibu Hj. Nahda, S.Kep, MM, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kab. Mamuju Tengah;
10. Bapak Edison E. Moligay, S.Sos, M.A.P., Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kab. Banggai;
11. Ibu Linda Mashoeri, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bolaang Mongondow;
12. Bapak Apolos Marisan, S.Sos., Kepala Balai Pelestarian Seni Budaya Suluttenggo;
13. Bapak Rony Widijarto Purubaskoro, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo;
14. Bapak Syahroni Botutihe, Kepala Bank SulutGo Cabang Gorontalo;
15. Pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif Karawo di Gorontalo.

3️⃣ Rangkaian kegiatan Gorontalo Karnaval Karawo (GKK) 2022 antara lain:

Hari 1: Senin, 6 Juni 2022

🔹 Seremoni pembukaan pada pukul 09.30 WITA dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya.
🔹 Pembacaan Doa.
🔹 Penampilan Tarian Pembuka Poota oleh Sanggar Gorontalo Inovasi.
🔹 Laporan Ketua Panitia oleh Bapak H. Rifli M. Katili, S.Sos., M.Ec. Dev selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, dengan poin-poin sebagai berikut:
– GKK 2022 dalam 3 tahun terakhir berhasil masuk Calendar of Event nasional, dan pada tahun ini kembali masuk Karisma Event Nusantara (CoE) bersama Festival Pesona Saronde dan Festival Pesona Danau Limboto.
– Event ini telah diselenggarakan 11 kali sejak tahun 2011 dan melibatkan provinsi serta OPD se-Sulawesi sehingga dapat dikategorikan event berskala regional.
– Tahun ini mengangkat tema “Karawo Inspiring Sulawesi” untuk mendorong inisiasi Karawo menuju UNESCO Intangible World Heritage.
– Diharapkan event ini mampu menunjang ekonomi daerah, menciptakan lapangan usaha dan lapangan pekerjaan, mengenalkan dan melestarikan warisan budaya Karawo, menarik kunjungan wisatawan, serta sebagai momentum kebangkitan dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19.
🔹 Penayangan video dukungan untuk Gorontalo Karawo Karnaval 2022 oleh Menparekraf/Baparekraf RI, Penjabat Gubernur Gorontalo, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, dan Bupati/Walikota di Provinsi Gorontalo.
🔹 Penampilan Lihuta Lo Rabbana dan Tarian Tidi Da’a oleh Sanggar Gorontalo Inovasi.
🔹 Sambutan dan Pembukaan oleh Bapak Dr. Ir. Hamka Hendra Noer, M.Si selaku Penjabat Gubernur Gorontalo dengan poin-poin sebagai berikut:
– Menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak terlibat dalam menyukseskan GKK 2022 yang berhasil menjadi salah satu dari 110 Karisma Event Nusantara.
– Karawo dapat mendorong kebangkitan ekonomi kreatif khususnya UMKM Gorontalo dengan produk turunannya yang beragam.
– Karawo menjadi tanggung jawab pemerintah dan menjadi tugas bersama dalam melestarikan produk asli Gorontalo tersebut.
– Diharapkan event ini dapat mendorong promosi pariwisata hingga mampu menarik kunjungan ke Gorontalo, memperpanjang lama tinggal wisatawan, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berdampak multiplier effect.
🔹 Pembukaan secara resmi dan peluncuran Gorontalo Karnaval Karawo 2022, Website Geopark Gorontalo, dan Launching Road to UNESCO Intangible World Heritage oleh Staf Ahli Menteri Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi, Kemenparekraf RI, Penjabat Gubernur Gorontalo, didampingi jajarannya dengan pemukulan Towohu dan Rabana secara simbolis serta foto bersama.
🔹 Penampilan Tarian Kolosal Langgabua oleh Sanggar Gorontalo Inovasi.
🔹 Pelaksanaan Lomba Mewarnai Motif Karawo Anak-Anak dan Lomba Foto / Konten Video Destinasi Wisata.
🔹Pelaksanaan Diskusi “Road to UNESCO Karawo Intangible World Heritage” bersama Panelis 1: Ibu Kurleni Ukar selaku Staf Ahli Menteri Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi, Kemenparekraf RI, dengan topik “Pesona Karawo dalam mendukung Pariwisata dan Ekonomi Kreatif”; Panelis 2: Bapak Immanuel Deo Juvente Hasian Silalahi selaku Chair of UNESCO Global Geopark Youth Forum; Panelis 3: Bapak Apolos Marisan, S.Sos. selaku Kepala Balai Pelestarian Seni Budaya Suluttenggo; dan Panelis 4: Bapak Agus Lahinta selaku CEO Rumah Karawo yang membahas success story perjalanan membangun Rumah Karawo.
🔹 Acara ditutup dengan penampilan Live Music Etnik oleh Seven Line Band.

Hari 2: Selasa, 7 Juni 2022

🔹 Pelaksanaan Lomba Talkshow “Karawo Youth Camp” yang membahas topik “Potensi Produk Karawo di Pasar Luar Negeri” bersama Bapak Dr. Hamim Pou, S.Kom, M.H. selaku penasehat Kekraf Bonebol dan Bapak Darojat Wirabuana selaku Assistant Vice President PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang menekankan pentingnya optimalisasi digital dalam berbisnis bagi para UMKM dan pelaku usaha Karawo agar mampu menarik pasar luar negeri.
🔹 Pelaksanaan Lomba Mo Karawo yang melibatkan para pengrajin Karawo.
🔹 Pelaksanaan Lomba Karawo Fashion Show yang diinisiasi oleh Ibu drg. Gamaria Purnamawati Monoarfa, Sp.KGA selaku Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo.

Hari 3: Rabu, 8 Juni 2022

🔹 Kegiatan diawali dengan pembukaan dan pembacaan doa.
🔹 Sambutan oleh Bapak Dr. Ir. Hamka Hendra Noer, M.Si selaku Penjabat Gubernur Gorontalo, dengan poin-poin sebagai berikut:
– Menyampaikan apreasiasi atas partisipasi dan kebersamaan seluruh pihak terkait yang telah mendukung pelaksanaan GKK 2022 selama 3 hari ini.
– Diharapkan GKK 2022 mampu meningkatkan ekonomi daerah, menciptakan lapangan usaha dan lapangan pekerjaan, mengenalkan dan melestarikan warisan budaya Karawo, menarik kunjungan wisatawan, serta sebagai momentum kebangkitan dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19.
🔹 Sambutan oleh Ibu Kurleni Ukar selaku Staf Ahli Menteri Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi, Kemenparekraf RI, dengan poin-poin sebagai berikut:
– Menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo atas pelaksanaan GKK 2022, event ini menjadi bukti perwujudkan semangat kolaborasi membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
– Tantangan utama saat ini dalam menarik perhatian generasi muda untuk ikut melestarikan warisan budaya Karawo, diharapkan GKK 2022 dapat berjalan tepat waktu, tepat guna, dan tepat sasaran.
– Kemenparekraf mendorong perkembangan UMKM, khususnya bagi para pelaku industri kreatif Karawo, agar nantinya mampu berdaya saing secara nasional maupun internasional.
– Agar meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam penyelenggaraan event untuk menciptakan pemberdayaan, pengalaman, ketertarikan, dan kesenangan dalam rangka menuju Karawo sebagai warisan budaya dunia.
🔹 Penampilan Tarian Kolosal Mohuyula oleh Sanggar Gorontalo Inovasi.
🔹 Pelaksanaan Parade Gorontalo Karnaval Karawo 2022 yang diikuti oleh berbagai lembaga/instansi di Provinsi Gorontalo, Sulawesi Barat (Kab. Mamuju Tengah), Sulawesi Utara (Kab. Boloaang Mongondow), dan Sulawesi Tengah (Kab. Banggai).
🔹 Kata pengantar oleh Bapak DR I Wayan Sudana, M.Sn selaku perwakilan Dewan Juri, beliau menjelaskan aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam seni menyulam Karawo.
🔹 Kata penutupan oleh Bapak H. Rifli M. Katili, S.Sos., M.Ec. Dev selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, dengan poin-poin sebagai berikut:
– Menyampaikan apreasiasi atas partisipasi dan kebersamaan seluruh pihak terkait yang telah mendukung pelaksanaan GKK 2022 selama 3 hari ini.
– Pada rangkaian GKK 2022 juga telah melibatkan anak-anak untuk ikut berpartisipasi, hal ini bertujuan untuk mengedukasi dan melahirkan minat generasi muda untuk mencintai Karawo sebagai warisan budaya asli Gorontalo.
– Masyarakat Gorontalo harus berbangga dan memiliki rasa sense of belonging terhadap Karawo agar terus melestarikan dan memasyaratkan Karawo.
– Tahun ini menjadi langkah awal untuk mendorong Karawo menjadi warisan budaya dunia, sehingga Karawo tidak hanya bagi masyarakat Gorontalo, namun menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.
🔹 Pengumuman pemenang seluruh rangkaian perlombaan pada Gorontalo Karnaval Karawo 2022.

4️⃣ Kesimpulan dan Evaluasi Kegiatan:

🔹 Gorontalo Karnaval Karawo 2022 dengan tema “Karawo Inspiring Sulawesi” terselenggara dengan sukses dan baik, melibatkan pelaku industri kreatif Karawo di Provinsi Gorontalo dan provinsi lainnya, yaitu Sulawesi Barat (Kab. Mamuju Tengah), Sulawesi Utara (Kab. Boloaang Mongondow), dan Sulawesi Tengah (Kab. Banggai), sebagai bentuk kolaborasi dalam pelestarian warisan budaya Karawo.
🔹 Event ini terselenggara selama 3 hari berlokasi di ruang tertutup sehingga masyarakat yang terlibat secara langsung masih terbatas.
🔹 Mengingat acara berlokasi indoor, perlunya penetapan alur keluar masuk dan jalur evakuasi sebagai antisipasi apabila terjadi bencana alam, seperti gempa yang sempat terjadi saat kegiatan berlangsung.
🔹 Rangkaian kegiatan variatif dengan berbagai perlombaan, diskusi, fashion show, dan karnaval budaya, namun agenda seremonial beberapa kali dilaksanakan sehingga mengurangi flow antusiasme audiens.
🔹 Perlu peningkatan kreativitas dalam merancang layout dan dekorasi venue.

Terlampir dokumentasi kegiatan dan tautan berita terkait pelaksanaan Gorontalo Karnaval Karawo 2022.

Seremoni pembukaan Gorontalo Karnaval Karawo 2022.
Diskusi “Road to UNESCO Karawo Intangible World Heritage”.
Pergelaran Fesyen “Karawo Inspiring Sulawesi”.
Acara puncak Karnaval Karawo.

Tautan Berita Gorontalo Karnaval Karawo 2022

https://www.republika.co.id/berita/rd5fxk314/gorontalo-karnaval-karawo-2022

https://gorontalo.tribunnews.com/2022/06/06/ryan-kono-harap-gorontalo-karnaval-karawo-dampaknya-hingga-ke-pengrajin

https://abatanews.com/gorontalo-karnaval-karawo-2022-road-to-unesco-ini-harapan-pj-gubernur-hamka/

https://www.indonesia.travel/event/id/categories/cultural/gorontalo-karnaval-karawo-2022-sulap-kain-tradisional-jadi-kekayaan-kearifan-lokal

https://suaracelebes.com/06/06/2022/launching-gorontalo-karnaval-karawo-2022-road-to-unesco/

https://karanganyarnews.pikiran-rakyat.com/pariwisata/pr-1904662807/gorontalo-karnaval-karawo-2022-dengan-14-daya-pikatnya

Gorontalo Karnaval Karawo 2022 Dimulai

Gorontalo Karnaval Karawo 2022 Berlangsung Meriah

Untuk Menjaga Dan Melestarikan Warisan Budaya Kain Karawo Kapolda Gorontalo Hadiri Gorontalo Karnaval

https://gorontalo.antaranews.com/video/2927849/tutup-karnaval-2022-gubernur-gorontalo-dorong-karawo-mendunia

Masuk 110 Top Event Nasional, Gorontalo Karnaval Karawo Diharap Dorong Perekonomian 

Pj Gubernur Buka Gorontalo Karnaval Karawo Tahun 2022

https://infopublik.id/kategori/nusantara/638456/gorontalo-karnaval-karawo-bupati-hamim-bicara-strategi-mengelola-ekonomi-kreatif-di-bone-bolango

https://infopublik.id/kategori/nusantara/638166/meriah-hari-pertama-gorontalo-karnaval-karawo

https://infopublik.id/kategori/nusantara/637518/dinas-pariwisata-gelar-gorontalo-karnaval-karawo

Dekot Gorontalo Dukung Karnaval Karawo

https://foto.okezone.com/view/2022/06/08/20/82933/kemeriahan-gorontalo-karnaval-karawo-2022

https://gorontalo.antaranews.com/berita/199649/wabup-bone-bolango-dorong-pendirian-toko-suvenir-karawo

Gorontalo Karnaval Karawo 2022 Diharap Bangkitkan Ekonomi di Kabupaten Gorontalo

https://mataram.antaranews.com/nasional/berita/2922673/karawo-akan-diusulkan-menjadi-warisan-tak-benda-ke-unesco?utm_source=antaranews&utm_medium=nasional&utm_campaign=antaranews

https://newsnesia.id/bangkitkan-sektor-wisata-pemkot-gorontalo-siap-sambut-gkk-2022/

https://gosulut.id/post/berlangsung-meriah-staf-ahli-menparekraf-kemenparekraf-sangat-mengapresiasi-gorontalo-karnaval-karawo

https://floresku.com/read/yang-unik-dari-gorontalo-karnaval-karawo-2022

GKK 2022, Ryan Kono Harap Dapat Meningkatkan Ekonomi Daerah

Pemprov Gorontalo Dorong Kain Karawo Jadi Warisan Dunia UNESCO

Hari Pertama Gorontalo Karnaval Karawo 2022 Sukses dan Meriah

https://sulut.inews.id/berita/umkm-didorong-buka-toko-suvenir-karawo-gorontalo

Tinggalkan Balasan