Festival Pesona Saronde 2022

Festival Pesona Saronde 2022 yang termasuk dalam KEN 2022, yang semula direncanakan pelaksanaannya tgl 9 – 10 Juni 2022, namun hanya dilaksanakan 1 hari pd tgl 9 Juni 2022 di Kawasan Wisata Pulau Saronde, Kab. Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Event tahunan ini telah diselenggarakan sejak tahun 2007 hingga saat ini, berawal dengan kepesertaan lokal hingga kini meningkat dengan kepesertaan regional. Tahun ini mengangkat tema:  “Beautiful of North Gorontalo”.

🔹️ Rangkaian kegiatannya, antara lain:
1)  Pemilihan Putra/Putri Saronde
2)  Penampilan Tarian Tradisional
3)  Pameran UMKM
4)  Atraksi Free Dive
5)  Cipta Menu Serba Ikan dan Bakar Ikan Masal

🔹️ ACARA PEMBUKAAN
Dihadiri oleh antara lain:
• Staf Ahli Menteri Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Ibu Kurleni Ukar
• Plt. Bupati Gorontalo Utara, Bapak Thariq Modanggu
• Wakil Bupati Bone Bolango, Ibu Dr. Merlan S. Uloli
• Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Bapak H. Rifli M. Katili (sekaligus mewakii Pejabat Gubernur Gorontalo)
• Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gorontalo Utara, Bapak Badar H. Pakaya
• Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bone Bolango, Bapak Muhamad Yamin Abbas
• Perwakilan Bank Indonesia di Gorontalo, Kapolres, dan Dandim.
• Forkompimda Kabupaten Gorontalo Utara
• Para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Gorontalo Utara
• Para Tokoh Masyarakat

Rangkaian acara pembukaan, antara lain:
• Prosesi penyambutan adat Ibu Kurleni Ukar – SAM Kemenparekraf di Pelabuhan Kwandang, kemudian menyeberang ke Pulau Saronde.
• Sesampainya speed boat berlabuh di Pulau Saronde, disambut tarian massal Saronde, tarian penyambutan, tanda menjaga silaturahmi/kekeluargaan.
• Persembahan Tarian Penyambutan Tong Tong Fair
• Welcome Speech dari Plt. Bupati Gorontalo Utara, Bapak Thariq Modanggu bahwa sejak tahun 80an Pulau Saronde sudah dikenal masyarakat sebagai destinasi wisata.
Sekarang sudah ada Blue Bay Divers, investor dari Jerman, sudah MoU, tahun ini adalah tahun pertama mereka membangun sarana prasarana untuk membangun Pulau Saronde.
Dibantu dinas ketenagakerjaan untuk mendidik masyarakat, termasuk belajar bahasa asing, mempersiapkan masyarakat untuk bisa menjadi tenaga kerja di Blue Bay Divers. Juga transportasi bus dibantu oleh Dinas Perhubungan.
Rencana selanjutnya yang akan dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara di sektor pariwisata adalah dengan mengembangkan Saronde Ring, kawasan terintegrasi 78 desa pesisir untuk tujuan pariwisata. Mengembangkan 3 pulau MPR (Pulau Mas, Pulau Popaya, dan Pulau Raja), yang menghubungkan Gorontalo dengan Kabupaten Buol Sulawesi Tengah, juga terhubung ke Pulau Bunaken (Sulawesi Utara).
• Mrs. Anke Andree (investor – owner Blue Bay Divers)
Blue Bay Divers menawarkan Resort/villa dengan desain alami dengan pantai tepat di depannya. Rencana akan ada 6 resort, baru 2 unit yang sudah siap, sedang proses membangun 4 unit lainnya. Pulau Saronde yang masih kosong, alami dan indah adalah modal yang luar biasa. Pesan, agar menjaga kebersihan, serta agar keindahan yang alami ini dapat terus dilestarikan dan dikembangkan.
• Sambutan Staf Ahli Menteri Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Ibu Kurleni Ukar
Gorontalo Utara kaya akan potensi wisata, dari wisata alam, sejarah, budaya, dll.
Mengimbau untuk menjaga kebersihan. Menginformasikan bahwa tahun ini Indonesia di peringkat 82 dari 172 negara dalam hal hygiene index, turun 1 peringkat dari tahun lalu. Di tempat acara terlihat kurang tempat sampah, agar diperbaiki.
Sudah sekitar 15 tahun dari awal penyelenggaraan Festival Saronde tahun 2007, sudah seharusnya berkembang kualitasnya.
• Peresmian pembukaan acara Festival Saronde dilanjutkan dengan Launching Saronde sebagai destinasi private premium, ditandai dengan pemukulan polopalo (alat musik tradisional Gorontalo) oleh tamu VVIP, dilanjutkan Foto Bersama
• Selanjutnya dilakukan Penandatanganan MoU lanjutan antara Kabupaten Gorontalo Utara dengan Poltekpar NHI Bandung.
• Pemberian paraf pada Prasasti oleh Staf Ahli Menparekraf.
• Pemilihan Putra Putri Saronde, dengan peserta pelajar dan mahasiswa.
• Pengumuman dan pemberian selempang pemenang Pemilihan Putra Putri Saronde 2022 oleh Kadispar Prov. Gorontalo, sekaligus sambutan penutupan
• Cipta Menu Serba Ikan dan Bakar Ikan Masal
• Pelepasan free dive
• Island Hopping
• Kembali ke Pelabuhan Kwandang

Menurut informasi dari panitia penyelenggara, pengunjung kurang dari 1000 orang, karena memang tidak sepenuhnya terbuka untuk umum (walaupun tidak ada larangan juga bagi masyarakat umum), serta memerlukan usaha menyeberang pulau dengan transportasi kapal motor kira-kira 45 menit. Mengingat saat ini Pulau Saronde pengelolaannya ditangani oleh Blue Bay Divers yang menjadikan Pulau Saronde menjadi destinasi wisata private premium yang tidak terbuka untuk umum, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara sebaiknya membuat kesepakatan dengan Blue Bay Divers agar dapat memberi izin penggunaan Pulau Saronde sebagai tempat pelaksanaan Festival Saronde beberapa hari tiap tahun di pulau tersebut.

🔸️ Saran Ibu Kurleni Ukar untuk pariwisata Gorontalo :
Agar penyelenggaraan event di Gorontalo Utara dikemas menjadi paket wisata dengan destinasi wisata untuk mendatangkan wisatawan. Karena jika hanya mengandalkan penyelenggaraan event dengan konsep dan kemasan selama ini terbukti tidak berdampak menarik wisatawan luar daerah/negeri ke Gorontalo.

🔸️ Bentuk dukungan Kemenparekraf: sarana prasarana (panggung; sound system; lighting; genset; LED Videotron; sewa speed boat, kapal tongkang, & kendaraan angkut; perlengkapan Pemilihan Putra Putri Saronde; tenda; penampilan lokal; atraksi tradisional; suvenir; dll), promosi own media Kemenparekraf, dll.

🔸️ Klarifikasi Penyelenggara Event atas perubahan waktu pelaksanaan Festival Saronde dari semula 2 hari menjadi 1 hari adalah karena pihak Blue Bay Divers sehari sebelum pelaksanaan Festival Saronde menginformasikan secara mendadak bahwa tanggal 10 Juni 2022 sudah ada tamu dari Jerman yang akan menginap di Pulau Saronde, sehingga lokasi harus segera dibersihkan kembali, dan tidak bisa lanjut digunakan untuk event Festival Saronde keesokan harinya.

🔸️ Evaluasi
1) Penyelenggara kurang lancar koordinasinya, kurang responsif, dan kurang informatif baik terhadap Kemenparekraf namun juga dengan pihak Blue Bay Divers, sehingga terjadi banyak kesalahpahaman (missed communication).
2) Dinas Penyelenggara tidak konsisten. Rencana event 2 (hari) tiba-tiba berubah menjadi sehari. Terinformasi mendadak secara tidak sengaja di waktu-waktu terakhir hari pertama penyelenggaraan. Hari itu juga event ditutup di akhir acara.
3) Kurangnya komitmen CEO. Padahal banyak hal terpusat pada Kepala Daerah, bahkan menentukan perubahan mendadak rundown acara. Sehingga banyak terjadi ketidakkonsistenan antara konsep event dan rencana rundown acara dengan pelaksanaan riilnya.
4) Sudah ada kolaborasi antar provinsi pada pameran UMKM. Selain dari Gorontalo ada juga peserta pameran UMKM dari Kab. Bolaang Mongondow Utara (Sulawesi Utara). Juga pada kolaborasi antar provinsi dalam rencana strategi pariwisata Saronde Ring antara Kabupaten Gorontalo Utara (Gorontalo) dengan Kabupaten Buol (Sulawesi Tengah) dan Bunaken (Sulawesi Utara).
5) Kurangnya kesadaran masyarakat pengunjung/partisipan event untuk menjaga kebersihan, terlihat dari banyak sampah berserakan di lokasi acara.

🔸️ Kesimpulan dan Rekomendasi
• Pulau Saronde merupakan suatu pulau yang indah dan menarik untuk dikunjungi sehingga melalui pelaksanaan Festival Saronde di pulau tsb diharapkan lebih banyak kunjungan wisatawan ke Gorontalo Utara.
• Konten acara Festival Saronde perlu dikemas secara lebih baik lagi, sehingga kualitas pelaksanaan event tsb dapat meningkat dari tahun ke tahun.

Demikian disampaikan laporan pelaksanaan pendukungan event Festival Pesona Saronde 2022.
Terima kasih.

Penyambutan adat di pelabuhan Kwandang, kemudian setelah menyeberang dengan kapal disambut Tari Saronde massal
Penampilan tarian massal Saronde, Tarian Penyambutan Tong Tong Fair, Cipta Menu Serba Ikan & Bakar Ikan Masal, dan free dive
Sambutan : Plt. Bupati Gorontalo Utara, Staf Ahli Menteri Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kemenparekraf; Penjelasan Mrs. Anke Andree (investor – owner Blue Bay Divers).
Meninjau pameran UMKM dan resort Blue Bay Divers, Pemilihan Putra Putri Saronde 2022, ditutup oleh sambutan Kadispar Prov. Gorontalo.

Link berita:

Pemda Gorut Promosikan Produk UMKM Lewat Festival Saronde 2022

Tarian Saronde Massal Sambut Kedatangan Rombongan Kemenparekraf

Peserta FPS 2022 Disuguhkan Tarian Adat Tidi Lo O’ayabu

https://tatiye-id.cdn.ampproject.org/v/s/tatiye.id/pemkab-gorut-sukses-gelar-festival-saronde-2022/

https://dailypost-id.cdn.ampproject.org/v/s/dailypost.id/news/ragam-kegiatan-warnai-festival-saronde-2022/

Festival Pesona Saronde 2022 dan Pameran UMKM

https://gorontalo-tribunnews-com.cdn.ampproject.org/v/s/gorontalo.tribunnews.com/amp/2022/06/10/festival-saronde-ditiadakan-sejak-pulau-saronde-disewa-wna-jerman?

https://suarasulut-com.cdn.ampproject.org/v/s/suarasulut.com/2022/06/10/wabup-amin-hadiri-festival-pesona-saronde/

Pulau Saronde Destinasi Private Premium Pertama di Gorontalo

Tinggalkan Balasan