Festival Pesona Moyo (FESMO)

Festival Pesona Moyo (FESMO) yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2022, di Labuan Aji, Kab. Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Berikut poin-poin yang kami laporkan:

1️⃣ Gambaran Umum Festival Pesona Moyo (FESMO)

a. FESMO masuk ke dalam Karisma Event Nusantara (KEN) tahun 2022 dan pelaksanaan tahun ini merupakan salah satu event pendukung dari MXGP Samota 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2022.
b. Tahun ini mengangkat tema “Feel The New Excitement”, yaitu sebagai bentuk perwujudan dari rasa sukacita dan kegembiraan yang dirasakan oleh tuan rumah dalam menyambut wisatawan yang datang berkunjung menjelajahi keindahan wisata dan kekayaan budaya yang ada.
c. Penyelenggaraan kali ini adalah pertama kalinya diselenggarakan di Pulau Moyo yang dijuluki “Great Escape” oleh para selebritis dunia. Setelah sebelumnya selalu dilaksanakan di Pulau Sumbawa, di Kabupaten Moyo Hulu atau pun Kabupaten Moyo Hilir.
d. Diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Pariwisata Provinsi NTB yang berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kab. Sumbawa dan Pokdarwis Pulau Moyo.

2️⃣ Festival Pesona Moyo (FESMO) dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2022 pukul 20:00 WITA, di Labuan Aji, Kab. Sumbawa, Provinsi NTB yang dihadiri oleh:
1. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Ibu Rizki Handayani
2. Gubernur NTB diwakili Kadispar Prov. NTB, Bapak Yhusron Hadi
3. Bupati Sumbawa diwakili Kadispar Sumbawa, Bapak Irawan Subekti
4. Forkopimda Kab. Sumbawa
5. Para Kepala OPD Kab. Sumbawa
6. Perwakilan DPRD Kab Sumbawa
7. Wakapolres Sumbawa
8. Tokoh Masyarakat Pulau Moyo
7. Koordinator dan Subkoordinator Event Wilayah II pada Direktorat Event Daerah

3️⃣ Rangkaian kegiatannya adalah sebagai berikut:

🔹Prosesi penyambutan tamu undangan oleh masyarakat setempat

🔹Dibuka oleh penampilan Symphony Band

🔹Menyanyikan lagu Indonesia Raya

🔹Penampilan Tarian Tabur Bunga

🔹Laporan Bupati Sumbawa yang diwakili oleh Kadispar Kab. Sumbawa, Bapak Irawan Subekti, beliau menyampaikan:
– Event ini pertama kalinya dilaksanakan di Pulau Moyo, tepatnya di Labuan Aji.
– Masuk ke dalam Karisma Event Nusantara (KEN) tahun 2022 dan sebagai salah satu event pendukung dari MXGP Samota 2022.
– Harapannya dapat mempromosikan destinasi wisata di Pulau Moyo.

🔹Sambutan Gubernur NTB yang diwakili oleh Kadisparprov NTB, Bapak Yusron Hadi, dalam sambutannya beliau menyampaikan:
– Ucapan terima kasih atas dukungannya kepada para stakeholders.
– Sebagai event pendukung MXGP Samota 2022, diharapkan menjadi momentum pengembangan destinasi wisata dan produk UMKM di Pulau Sumbawa. Mari berkolaborasi dalam memajukan pariwisata NTB.

🔹Sambutan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Ibu Rizki Handayani, dalam sambutannya beliau menyampaikan:
– NTB kaya akan budayanya, yaitu Lombok, Bima dan Sumbawa, ini sebuah potensi yang dapat dikemas menjadi sebuah event.
– KEN terbentuk untuk mengangkat budaya lokal menjadi sebuah event yang diharapkan dapat mendatangkan wisatawan.
– Perlunya pemerintah daerah provinsi mengidentifikasi, menginventarisasi budaya-budaya lokal yang berpotensi mendatangkan wisatawan.
– Apresiasi kegiatan ini karena sudah menggunakan material kearifan lokal, seperti panggung yang terbuat dari bambu dan dekorasi-dekorasinya dengan kain khas Sumbawa.
– Perlunya pemerintah daerah mengkolaborasikan sport event dengan culture event untuk memberikan experience bagi wisatawan.
– Pulau Moyo bisa dijadikan sebagai destinasi wisata eco tourism dan memberikan pengalaman menikmati keindahan alam dan ikut melestarikan alam yang ada.
– Event Pesona Moyo ini seharusnya dibuat perhelatannya lebih besar dan dimiliki oleh warga. Kemenparekraf sifatnya hanya pendukungan untuk menaikkan kualitas event, yang menjadi lead utamanya adalah pemerintah daerah.
– Harapannya dalam penyelenggaraan event ini ke depannya bisa lebih besar dan menjadi top of mind para wisatawan, menggiatkan UMKM, memperluas lapangan pekerjaan, mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat Sumbawa, melestarikan serta mempromosikan wisata alam, bahari, dan budaya di Kabupaten Sumbawa, terkhusus untuk Pulau Moyo.

🔹 Kunjungan ke 5 stand booth pameran UMKM, yang menjual produk-produk lokal yaitu : makanan khas Sumbawa ; baju adat dan kerajinan anyaman bambu khas Sumbawa.

🔹 Penampilan kesenian tradisional Sumbawa, antara lain Sakeco, Tarian Riam Bagentar, Rantok, Gantao dan ditutup dengan kembang api.

4️⃣ Evaluasi Kegiatan

1. Kurangnya koordinasi internal daerah yg intensif dalam perencanaan dan persiapan event.
2. Kurangnya perencanaan yang matang oleh penyelenggara event dalam konsep dan rangkaian kegiatan Festival Pesona Moyo, tidak sesuai dengan konsep acara saat presentasi kurasi KEN.
3. Pelaksanaan Festival Pesona Moyo 2022 perdana di Desa Labuan Aji Pulau Moyo masih terkendala dengan aksesibilitas dan ketersediaan perlengkapan sehingga kurang maksimal dalam penyelenggaraannya.
4. Pelaksanaan event masih dirasa sangat lokal (hanya diikuti oleh warga Pulau Moyo) karena kurangnya rasa memiliki terhadap event dan keterlibatan warga daerah lain di Pulau Sumbawa. Hal ini terlihat dari kurangnya antusias dan partisipasi pada saat acara.
5. Kesadaran warga akan kebersihan dan pengelolaan terhadap sampah setelah event, masih sangat kurang.

Demikian kami sampaikan, terimakasih.

1. Penyambutan tamu undangan oleh masyarakat setempat
2. Penampilan band Simphony dan Tarian Tabut Bunga
3. Laporan Kadispar Sumbawa, Sambutan Kadispar Prov. NTB, Sambutan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) sekaligus membuka acara Festival Pesona Moyo
4. Kunjungan ke Pameran UMKM
5. Suasana penyelenggaraan Festival Pesona Moyo
6. Penampilan kesenian tradisional Sumbawa

Berikut berita peliputan kegiatan Festival Pesona Moyo 2022 :

Hidupkan kembali Pulau Moyo Lewat Festival Pesona Moyo 2022

https://www.lombokinsider.com/destination-news/amp/pr-1553730748/festival-pesona-moyo-2022-hidupkan-kembali-destinasi-wisata-pulau-moyo-pasca-pandemi

Kembali Masuk Event Nasional, Fesmo 2022 Bertajuk Kharisma Event Nusantara

Tinggalkan Balasan